• Bahasa Indonesia
    • English
  • English 
    • Bahasa Indonesia
    • English
  • Login
View Item 
  •   UHNP Repository
  • E-Journals
  • Matematika
  • View Item
  •   UHNP Repository
  • E-Journals
  • Matematika
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Metode Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Siantar

Thumbnail
View/Open
Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Metode Pembelajaran Ekspositori.pdf (251.8Kb)
Date
2019-07-01
Author
Siahaan, Theresia M
Metadata
Show full item record
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang membedakan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Siantar T.A 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas. Dengan pemilihan acak, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VII2) sebanyak 31 siswa dan kelas kontrol (VII3) sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dengan bentuk soal essay yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Dari hasil data penelitian diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari uji homogen kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Di uji homogenitas Fhit=1,695 < Ftab yaitu 1,85 dengan taraf kepercayaan artinya kedua kelompok sampel homogen. Dari hasil analisis data diperoleh rataan = 32,032 dan simpangan baku = 8,986 untuk kelas eksperimen, serta rataan 26,566 dan simpangan baku 6,901 untuk kelas kontrol. Arinya rata-rata dan simpangan baku siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata yang simpangan baku siswa di kelas kontrol. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thit 2,680 dan ttab 1,689 ternayata berada pada daerah kritik karena thit> ttab yaitu 2,680 >1,689 maka dapat disimpulkan bahwa rataan kedua sampel berbeda secara signifikan. Hal tersebut dikarenakan pada proses pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran Jigsaw siswa berdiskusi, belajar satu dengan yang lain sehingga siswa aktif dalam belajar dan timbul pemahaman pada materi himpunan sedangkan pada proses metode pembelajaran ekspositori guru mendominasi kelas sehingga siswa pasif dalam pembelajaran pada materi himpunan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori pada materi himpunan di Kelas VII SMP Negeri 2 Siantar.
URI
https://repositori.uhnp.ac.id/handle/123456789/100
Collections
  • Matematika [4]

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar copyright © 2021 
Contact Us | Send Feedback
UHNP Logo
 

 

Browse

All of UHNP RepositoryArsip & KoleksiBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar copyright © 2021 
Contact Us | Send Feedback
UHNP Logo