Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Berbasis Acara Televisi “Jika Aku Menjadi” Trans Tv
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis, terutama mengembangkan esai narasi berdasarkan acara televisi. "Jika Saya Menjadi" Trans TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instruksi naratif. Objek penelitian ini ditulis oleh siswa yang dinilai dari plot, karakter, pengaturan, pengorganisasian konten, ejaan dan diksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa SMA kelas X 2 Lapangan Budi Murni dari total 42 siswa kelas X sebanyak 320 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mereka untuk mengembangkan karangan bunga masih bagus. Dalam hal persentase, siswa mendapatkan nilai yang sangat baik pada kategori 4 orang atau 9,5%, kategori 2 atau 4%, kategori hanya 18 orang atau 43%, kurang dari 12 orang atau kategori 28,5% dan sisanya 6 atau 14,3% sangat kurang. Nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa adalah 55,5 dan dibulatkan menjadi 55. Dengan demikian kemampuan menulis esai narasi berdasarkan acara televisi "Jika Aku Menjadi" Trans TV oleh siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan masuk dalam kategori cukup.