• Bahasa Indonesia
    • English
  • English 
    • Bahasa Indonesia
    • English
  • Login
View Item 
  •   UHNP Repository
  • E-Journals
  • Pendidikan Biologi
  • View Item
  •   UHNP Repository
  • E-Journals
  • Pendidikan Biologi
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technologi And Society) Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar

Thumbnail
View/Open
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technologi And Society) Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar.pdf (202.0Kb)
Date
2020-06-01
Author
Damanik, Risjunardi
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan SETS (science, environment, technologi and society) pada materi ekosistem di kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 157 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas dengan pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata dan standart deviasi serta uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 4,77 dan7,6 dengan peningkatan 2,83, sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas control sebesar 4,52 dan 5,38 dengan peningkatan 0,86. Dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas control sebesar 7,6 dan 5,38 dengan selisih 2,22. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan setelah adanya penggunaan pendekatan SETS pada materi ekosistem di kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar sebesar 2,22. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t-hitung (9,11) > t-tabel (2,00). Maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technologi and Society) pada materi ekosistem kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar. Disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan pendekatan Sets (Science, Environment, Technologi and Society) pada materi ekosistem di kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar.
URI
https://repositori.uhnp.ac.id/handle/123456789/73
Collections
  • Pendidikan Biologi [12]

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar copyright © 2021 
Contact Us | Send Feedback
UHNP Logo
 

 

Browse

All of UHNP RepositoryArsip & KoleksiBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar copyright © 2021 
Contact Us | Send Feedback
UHNP Logo