Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technologi And Society) Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan SETS (science, environment, technologi and society) pada materi ekosistem di kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 157 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas dengan pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata dan standart deviasi serta uji t.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 4,77 dan7,6 dengan peningkatan 2,83, sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas control sebesar 4,52 dan 5,38 dengan peningkatan 0,86. Dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas control sebesar 7,6 dan 5,38 dengan selisih 2,22. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan setelah adanya penggunaan pendekatan SETS pada materi ekosistem di kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar sebesar 2,22. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t-hitung (9,11) > t-tabel (2,00). Maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technologi and Society) pada materi ekosistem kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar. Disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan pendekatan Sets (Science, Environment, Technologi and Society) pada materi ekosistem di kelas VII SMP GKPS 2 Pematangsiantar.
Collections
- Pendidikan Biologi [12]