Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Sitinjo Kabupaten Dairi Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjo Tahun Pelajaran 2019/2020 pada bulan Oktober sampai Desember. Jumlah sampel sebanyak 56 orang yang diambil secara keseluruhan. Untuk mengetahui korelasi antara kerja sama orangtua dan guru dan prestasi belajar dihitung dengan menggunakan Korelasi Product Momen, Hipotesis di uji dengan uji signifikan dari korelasi statistika student atau uji t pada taraf signifikan 0,05 dan untuk mengetahui besarnya kontribusi antara variabel X dan variabel Y dihitung dengan uji determinasi.
Dari hasil uji korelasi diperoleh r = 0,52 yang berarti Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjo Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah korelasi sedang, dengan uji t diperoleh thitung= 4,39 dan pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 52 diperoleh ttabel= 2,00. Maka thitung lebih besar dari ttabel dalam hal ini Ho ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar Siswa di kelas VII SMP Negeri1 Sitinjo Kabupaten Dairi Tahun Pelajaran 2019/2020. Besarnya kontribusi antara variabel X terhadap variabel Y adalah 27%..
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjo Kabupaten Dairi Tahun Pelajaran 2019/2020.
Collections
- Pendidikan Biologi [12]